KOTAKU gelar Lokakarya dan Bazar Program
Di Posting Oleh : admin01, Tanggal : Jumat, 27 September 2019 , Kategori : Pemerintahan

Sabang | Kamis, 26 September 2019


Acara Lokakarya dan Bazar Program KOTAKU hari ini digelar di Aula Lantai I Walikota Sabang yang diikuti oleh segenap pemangku kepentingan dikota Sabang. Pembukaan Acara dilakukan oleh Walikota Sabang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Administrasi, Ekonomi dan Pembangunan Drs. Kamaruddin, acara juga dimeriahkan dengan suguhan tarian Tarek Pukat dari sanggar tari kesenian setempat.


Hadir pada acara ini Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal Azwar, S.T., M.T. sebagai Integrator Perencanaan dan narasumber. Dalam sambutannya selaku Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal menyampaikan banwa Pemerintah tetap berkomitmen dalam membangun pemukiman yang layak huni dan berkelanjutan, sebagai wujudnya dengan melaksanakan pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh. Salah satu nya melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).


Program KOTAKU hadir di Kota Sabang dalam upaya untuk membangun platform kolaborasi. KOTAKU juga mengintegrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan dari berbagai pihak. Baik Pemerintah Pusat, Provinsi, Kota, Donatur, Swasta, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Dengan mengusung Platform kolaboratif Program KOTAKU Kota Sabang yang melibatkan banyak masyarakat, telah berhasil menangani kawasan kumuh dengan baik sesuai target yaitu seluas 44,41 Ha pada tahun 2018 dari total 48,73 Ha, dan sisanya sedang dalam pelaksanaan tahun 2019.


Faisal juga menekankan dengan terbangunnya Kolaborasi dan komitmen bersama dari pihak-pihak maka akan terjadi keterpaduan antar sektor untuk bersama-sama bergerak mencapai sasaran pembangunan kawasan permukiman khususnya terwujudnya kota sabang tanpa kumuh pada tahun 2019, dengan menempatkan Pemerintah Daerah sebagai nakhoda, masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan dan Pemerintah Pusat sebagai pendamping Pemerintah Daerah.


Dalam sambutan pada acara Lokakarya dan Bazar KOTAKU ini sebagai Kepala Bappeda Kota Sabang, Faisal juga menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR, dalam hal ini Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, Kasatker PKP, Tim Leader OC 1 KOTAKU ACEH dan Koordinator Kota beserta Tim KOTAKU Kota Sabang, yang telah membantu Pemerintah Kota Sabang, dalam penyediaan data dukung dan data teknis, yang diperlukan untuk menyusun perencanaan secara terpadu.


Hendaknya Lokakarya dan Bazar KOTAKU ini menjadi media kolaborasi yang baik dalam upaya pencapaian pembangunan Kota Sabang Mandiri, Sejuk dan Tentram. Demikian Harap Faisal.
[One]