Launching dan Penyaluran Dana GEUNASEH Sabang
Di Posting Oleh : admin01, Tanggal : Jumat, 11 Oktober 2019 , Kategori : Pemerintahan

Sabang | Kamis, 10 Oktober 2019

Pemerintah Kota Sabang hari ini Kamis (10/10) secara resmi meluncurkan program Gerakan Untuk Anak Sehat (GEUNASEH) Sabang yang dilaksanakan  di aula kantor WaliKota Sabang.

Program ini merupakan program kerjasama pemerintah Kota Sabang dengan UNICEF dan juga Flower Aceh sebagai mitra pelaksana.

GEUNASEH Sabang merupakan Program Pemerintah Kota Sabang dalam upayanya Mendorong pemenuhan nutrisi pada balita untuk menciptakan generasi sehat, kuat dan cerdas, juga merupakan inovasi Pemerintah Kota Sabang dalam rangka menurunkan angka kemiskinan dan pencegahan stunting.

Dalam sambutannya pada launching Geunaseh ini Walikota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom. mengatakan program ini merupakan salah satu layanan Pemerintah Kota Sabang untuk penanganan malnutrisi, tujuannya meningkatkan cakupan nutrisi dan akses terhadap layanan kesehatan bagi seluruh anak Sabang yang berumur 0 – 6 tahun dan ibu menyusui melalui pemberian bantuan transfer tunai. Beliau juga berharap, program ini  bisa menjadi penopang pendapatan keluarga penerima untuk memenuhi kebutuhan dasar anak.

Senada dengan Walikota, Kepala Bappeda Kota Sabang Faisal Azwar, S.T., M.T. yang juga merupakan salah satu aktor utama penggerak terlaksananya program Geunaseh ini, ketika dihubungi via whatsapp menyampaikan, Program Geunaseh adalah merupakan salah satu perwujudan dari Rencana pembangunan sabang kedepan, yang berdasarkan pada pilar pembangunan berkelanjutan, pembangunan sosial yaitu pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas yang dimulai dari usia mulai 0 tahun, sehingga akan menghasilkan anak yang sehat cerdas kreatif dan berkarakter. Sumber daya manusia yang berkualitas akan meningkatkan daya saing daerah.

Lebih lanjut Faisal mengatakan Program Geunaseh yang diluncurkan pada tahun ini adalah dalam bentuk Universal Child Grant sebagai salah satu bentuk penanganan yang berbasis pada keluarga agar mampu memenuhi kebutuhan esensial anak usia 0-6 th sesuai keperluannya.


Kedepan, program Geunaseh akan dikembangkan menjadi satu koloborasi program yang holistik-integratif pada anak usia dini dan usia sekolah sesuai dengan parameter yang terukur dalam suatu road map menuju sabang kota layak anak, demikian pungkasnya. (ONe)