Dalam Upaya melestarikan Danau Aneuk Laot Pemerintah Kota Sabang gelar Diskusi Publik
Di Posting Oleh : admin01, Tanggal : Selasa, 03 Desember 2019 , Kategori : Pemerintahan

Sabang | Senin, 2 Desember 2019

Pemerintah Kota Sabang hari ini senin (2/12) menggelar Diskusi Publik dalam rangka Finalisasi Penyusunan Rencana Pengelolaan Danau Aneuk Laot bertempat di Aula Bappeda Kota Sabang. Diskusi yang bertemakan "Bersama mewujudkan Danau Aneuk Laot Lestari dan mensejahterakan" menghadirkan Prof. Dr. Ir Gadis Sri Haryani sebagai narasumber dari LIPI di bidang Limnologi dan Nurfadillah, S.Si., M.Si dari Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala Provinsi Aceh juga di hadiri oleh Sekda Kota Sabang Drs. Zakaria, MM. dan peserta dari dinas terkait di kota Sabang serta para steakholder.

Terkait Pengelolaan Danau Aneuk Laot ini Sekda kota Sabang dalam sambutannya mengingatkan untuk menjaga Danau perlu melestarikan alam jangan sampai sumber mata air ini berubah menjadi sumber air mata jika alam yang rusak menyebabkan danau kekeringan yang akan menjadi penyesalan bagi kita semua.

Turut menjadi salah satu narasumber diacara tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Sabang Faisal Azwar, S.T.,M.T. Dalam arahannya mengatakan; Danau Aneuk Laot merupakan satu dari 15 Danau Prioritas II di Indonesia yang saat ini sedang disusun Rencana Pengelolaannya. Rencana Pengelolaan Danau Aneuk Laot ditujukan untuk mengelola ekosistem perairan danau, sempadan danau, dan Daerah Tangkapan Air.

Saat ini, Danau Aneuk Laot seolah-olah tidak bertuan, karena belum ada dinas atau badan yang menjadi penanggung jawab pengelolaan Danau Aneuk Laot. Oleh sebab itu akan dibentuk kelembagaan pengelola Danau Aneuk Laot.
Tujuan dari pengelolaan Danau Aneuk Laot adalah dengan menerapkan program-program untuk menjaga kelestarian ekosistem Danau Aneuk Laot.
Fokus dari penyusunan dokumen pengelolaan Danau Aneuk Laot ini adalah untuk membuat-program-program sesuai arahan pakar. Demi melestarikannya.

Diharapkan dalam Diskusi publik ini Penyusunan Rencana pengelolaan Danau Aneuk Laot ini akan menghasilkan rencana yang matang,terukur dan efektif. Demikian (One)

sumber : Siswani Sari